Sebanyak 33 balon yang dicat berwarna merah, putih dan biru seperti bendera Cile, diterbangkan ke udara di atas lokasi tambang yang menjebak pekerja tambang di tambang itu. 

Balon ini dilepaskan tepat setelah 33 pekerja tambang berhasil dikeluarkan dari lokasi tambang.

Keluarga para pekerja tambang di Camp Hope, tampak melihat dengan penuh rasa haru saat balon-balon tersebut melayang di udara. Mereka pun langsung menyanyikan lagu kebangsaan Cile dan bernyanyi dengan pekerja tambang yang terakhir keluar Luis Urzua bersama dengan Presiden Sebastian Pinera.

Keharuan sepertinya juga menghiggapi para jurnalis internasional yang khusus meliputi peristiwa penyelamatan ini. Mereka tampak tidak mengganggu para pekerja tambang yang berkumpul kembali dengan keluarganya dan hanya mereka kejadian tersebut. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (14/10/2010).

Pihak keluarga pun mengucapkan terima kasih kepada regu penyelamat yang telah bersusah payah untuk mengeluarkan anggota keluarga mereka yang terjebak ditambang.

Pelepasan balon tersebut menjadi pemuncak akhirnya operasi penyelamatan yang menempuh waktu dua bulan seperti yang telah direncanakan sebelumnya.